Saturday, June 10, 2017

Masalah Instal Ulang Saat Partisi win

pengalaman saya mengalami masalah ini adalah karena Gagal Upgrade(stuck saat booting ulangnya) karena sangat lama sehingga memaksa saya untuk mematikan secara paksa atau press button power turn off, haha ya itulah kesalahan saya masalah ini biasanya terjadi karena, akibatnya apa?
karena gagal jadi opsi saya adalah instal ulang windows nya.
saiapa sangka saat mau instal ullang pun masalahnya masih terjadi yaitu tidak bisa partisi drive C(system) nya karena hal yang tadi setelah saya coba beberapa kali boot pun masalahnya masih sama saja. kemuan saya coba pilih data D dan E dan ternyata masih tanda seru dan tidak bisa lanjut waduh binggungkan saya cari sana sini masalah tersebut di sebut masalah partisi yang tidak support yaitu maslah MBR atau GPT dan pengalaman saya mengalami masalah ini ya itu data semua harus hilang C,D,E buseetttttt mantap kan saya pernah kehilangan koleksi data saya.
untuk kedua kalinya saya mengalami masalah yang sama oleh sebab yang berbeda. tapi karena itu data orang lain jadi saya tidak langsung partisi ulang semua Drive nya. 
trus pertanyaan nya bagaimana cara nya buat angkat datanya sebelum partisi ulang win nya nih?
kalian tenang dulu bro, ada beberapa solusi untuk menyelamatkan data nya terlebih dahulu sebelum kalian partisi ulang, caranya mudah saja 
opsi pertama yaitu dengan menggunakan mini windows xp yang ada di Hiren's bootCD
mini windows xp yang terdapat di Hiren bootCD setidaknya dapat menjadi opsi pertama kalian sebelum kalian kehilangan data koleksi kalian. hirenya dimana gan bisa saya dapatkan? hiren bisa kalian unduh di  postingan saya yang satu ini Hiren's bootCD 15.2 jika sudah kalain unduh kalian udah punya sendiri kalian tinggal sipkan Flashdisk nya, caranya gimana nih? caranya mudah saja kalian tinggal buat booting hiren's bootcd nya ke dalam USB. masih tanya caranya gimana? caranya mudah saja kalian lihat panduan nya disini Booting Hiren's from USB  disitu sudah lengakap dengan cara dan bahan yang di butuhkannya, lengkah selanjutny a apa nih? langkah selanjutnyankalian tinggal pindahkan booting kalian melalui bios menjadi booting dari USB maka kalian akan di arahkan kedalam Hiren, di sana kalian tinggal pilih mini windows sx saja kalian bisa lihat videonya di sini. setelah kalian masuk kedalam mini windows maka kalain tinggal usap dada saja dan lanjutkan beckup data deh terserah kalian kalo pakai USB yah tinggal pindah2kan saja atau langsung memakai HDD External jika sudah selesai dan data kalian sudah aman ,kalian bisa partisi ulang HDD kalian.
Waduhhhh gan saya malah Bluescreen gan saat masuk mini windows gimana nih?
jika kalian mengalami bluescreen saat masuk mini windowsnya bukan berarti data kalian sudah tamat bro tenang dulu masih ada solusi yang lain yang masih bisa kalian gunakan ya itu Opsi kedua saya
Opsi kedua 
opsi kedua ini hampir sama typenya dengan opsi pertama beda nya kalin menggunakan WinToGo. agak ribet nih tapi demi koleksi data kalian siap2 aja berkorban waktu haha, nah ini dia langkahnya kalian mesti menyiapkan iso windows, untuk windows kalian terserah deh mau pake win apa aja yang penting windows ok, selanjutnya kalian harus punya softwer WinToUsb nya juga bray, selanjutnya Flashdisk, untuk WinToUsb kalian bisa Downliad di official link nya saja bray, jika sudah kalain bisa ikuti langkahnya sebagai berikut . jika sudah selesai kalain tinggal pindahkan booting windows kalian ke USB dan kalain harus siap2 usap dada lagi hahaha kalin sudah siap beckup data lagi gan haha.
mengapa cara ini harus dilakukan? sejauh ini pengalaman saya mengalami masalah tersebut tidah ada cara lain selain partisi ulang HDD nya yah tapi resikonya data kalian akan hilang, dan saya belum menemukan solusi lain selain sulisi di atas.
Sekarang bagaimana nih cara partisi Ulang HDD nya? pertama kalian siapkan booting windows sepeti biasa saat kalian mau instal ulang, saat di bagian memilih partisi kalian harus delet semua partisi kalian(ingat data harus sudah di beckup) jika sudah kalian tinggal pilih new dan atur seberapa besar kalain ingin memberi ruang di partsi C(system) kalian, kemudian ppilih OK jika muncul popup maka tekan saja Ok dan tunggu hingga proses selesai, kalian pilih lagi patisi sisanya dan atur kembali seberapa besar kalin ingin buat untuk partisi D kalian dan klick new, dan(jika kalian ingin membuta Partisi C,D,E) dan begitu seterusnya tapi jika tidak maka kalian tinggal langsung saja klick new dan ok tidak usah atur ruangan HDD nya. setelat itu kalian pilih partisi yang telah pertama kalian but tadi dan klick Next, tunggu hingga proses instal windows selesai, jika sudah selesai dan masuk dekstop, disini kalian masih belum memiliki partisi lain yang bisa di isi selain C, untuk membentuk partisi D kalin, kalian tinggal masuk ke explorer dan pilih Drive D dan format(disarankan agar Quick formatnya di uncek saja atau ceklisnya di hilangkan) lalu tunggu hingga selesai, 
dan beres kini lain bisa restor data kalin kembali ketempatnya
sekian dan selamat mencoba yah
 

No comments:

Post a Comment